Bola, Jakarta - Barcelona berpacu dengan waktu dalam La Liga Spanyol ketika mereka menjamu Las Palmas di Stadion Camp Nou Sabtu malam ini. Permainan yang tidak stabil membuat tim asuhan pelatih Luis Enrique ini berada di urutan ketiga dalam klasemen La Liga Spanyol dengan ketinggalan lima angka dibanding Real Madrid.

Pemimpin klasemen, Madrid, masih memiliki sisa pertandingan lebih banyak satu partai. Mereka akan berhadapan dengan  peringkat kedua, Sevilla, untuk ketiga kalinya dalam 11 hari, Ahad malam.

Tapi, Enrique percaya para pemainnya bisa mulai meningkatkan kualitas permainannya. Barcelona baru saja berhasil membalikkan keadaan dalam Piala Raja Spanyol. Kalah lebih dulu 1-2 melawan Athletic Bilbao, Barca akhirnya menang dengan agregat 4-3 sehingga lolos ke babak perempat final.

“Dalam beberapa pertandingan terakhir, lawan-lawan hanya sedikit merepotkan, tapi bisa mencetak gol saat melawan kami,” kata Enrique di situs klub. “Tapi, dengan karakter yang dimiliki para pemain, saya yakin kami akan segera meninggalkan situasi itu. Apa yang harus kami lakukan sekarang adalah bersatu meraih rentetan kemenangan.”

Melawan Athletic, Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar mencetak gol dalam satu pertandingan untuk pertama kali sejak Barcelona mengalahkan Manchester City 4-0 pada 19 Oktober lalu. Dalam Piala Raja itu, Suarez mencetak golnya yang ke-100 buat Barca dalam 120 kali penampilan dan gol ke-300 sejak tiga penyerang tersebut bermain bersama.

“Hasil tersebut akan banyak berarti buat meningkatkan moral kami,” kata Suarez. “Itu adalah apa yang kami inginkan dan kami butuhkan. Sekarang kami perlu mempertahankan kerja keras untuk mencapai target yang diinginkan,” ujar penyerang Uruguay ini melanjutkan.

Peringkat kedelapan, Las Palmas, mengalahkan Atletico Madrid, 3-2, dalam Piala Raja, tapi kalah agregat 3-4. Mantan pemain bintang Las Palmas, Juan Carlos Valeron, mengingatkan pelatih Quique Setien dan para pemainnya untuk mewaspadai tendangan bebas Lionel Messi yang terus menghasilkan gol belakangan ini.  

"Las Palmas mesti menghindarkan diri melakukan pelanggaran di dekat kotak penalti mereka,” kata  Valeron. "Messi selalu dalam penampilan terbaik. Tapi, dengan tendangan bebasnya, Anda bisa bilang ia merasa sangat percaya diri. Ia selalu mampu menembak ke gawang, tapi sekarang cara melakukannya lebih bervariasi.”

Valeron juga memuji pemain lini tengah senior Barca, Andres Iniesta. Gelandang serang berusia 32 tahun ini disebutnya sebagai ikon dari permainan agresif lini tengah sepak bola Spanyol. “Ketika Iniesta tidak bermain, Barcelona akan merindukannya,” kata duta besar klub Las Palmas ini.

Adapun Madrid akan bertandang ke Stadion Sanchez Pizjuan, Minggu mendatang, setelah menghadapi  Sevilla di tempat yang sama, kemarin dinihari, dalam babak 16 besar Piala Raja. Madrid memetik hasil imbang 3-3 sehingga diunggulkan untuk pertemuan kedua dalam turnamen piala ini.

Cristiano Ronaldo, yang memenangi penghargaan pemain terbaik 2016 dari Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) untuk keempat kalinya pada Senin lalu, dan bintang sepak bola Kroasia, Luka Modric, kemungkinan besar akan ditampilkan pelatih Zinedine Zidane untuk pertandingan besok. Keduanya diistirahatkan Zidane ketika menghadapi Sevilla kemarin dinihari.

Pasukan Zidane ini menggilas Granada 5-0 dalam pertandingan La Liga sebelumnya sehingga mematahkan rekor 39 tidak terkalahkan yang dimiliki Barcelona dalam semua kompetisi. Kini Madrid mencetak rekor baru dalam semua kejuaraan, yaitu 40 kali tak terkalahkan.  

Sevilla, yang ketinggalan empat angka dari Madrid, menang 4-0 di kandang Real Sociedad dalam pertandingan liga sebelumnya. Pemain baru mereka, Stevan Jovetic dan Clement Lenglet, akan melakukan debutnya dalam La Liga musim ini. Kemarin dinihari, Jovetic sudah mencetak satu gol buat Sevilla dalam Piala Raja.

MARCA | BBC | INDIAN EXPRESS | SKY SPORTS