Dunia, Washington- Lembaga Percetakan Uang Negara Amerika Serikat (AS), US Mint, untuk pertama kalinya dalam sejarah mencetak uang koin emas bernilai US$ 100 (Rp 1,3 juta) dengan menampilkan Lady Liberty sebagai seorang wanita kulit hitam.

Seperti yang dilansir New York Times pada 13 Januari 201, koin Lady Liberty yang  berkadar emas 24 karat dengan berat sekitar satu ons akan dicetak sebanyak 100 ribu koin.

Simak juga:
Karyawan Bongkar Praktek Rasialis di Butik Versace, AS
Sebut Michelle Obama Kera Berselop, Wali Kota Ini Mundur

US Mint dan Kementerian Keuangan AS akan merliis koin Lady Liberty pada 6 April 2017, bertepatan dengan peringatan ulang tahun yang ke-225 produksi uang koin US Mint. 

Dalam pengumuman itu Rhett Jeppson, wakil direktur US Mint menjelaskan koin Lady Liberty tidak diedarkan untuk membelanjakan kebutuhan sehari-hari, tetapi hanya dicetak dalam jumlah terbatas bagi para kolektor.

Tujuan dikeluarkannya  seri Lady Liberty  adalah untuk mengekspresikan kebebasan di tengah bangsa AS yang terus berkembang. Bahkan koin yang dicetak dua tahun sekali itu ke depannnya akan menampilkan ikon Lady Liberty dalam desain yang mewakili etnis Amerika Asia, Hispanik Amerika, India Amerika, dan lain-lain.

Pengumuman ini datang pada saat AS sedang mempersiapkan transisi kekuasaan yang akan berlangsung satu minggu lagi. Presiden terpilih Donald Trump dituding seorang rasis.
NEW YORK TIMES|CNN|YON DEMA