Metro, Jakarta - Pada tahun 2016, PT Transportasi Jakarta tercatat mengangkut sebanyak 123,73 juta penumpang. Jumlah tersebut naik cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 102,95 juta penumpang.

Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan pencapaian itu menunjukkan makin banyak masyarakat yang mengandalkan Transjakarta sebagai moda transportasi pilihan. "Dan ini juga menunjukan juga perpindahan dari pengguna kendaraan pribadi (ke transportasi umum)," kata dia Sabtu, 14 Januari 2017.

Baca : Transjakarta Operasikan 100 Bus Layani Koridor 13

Saat ini, rata-rata pelanggan Transjakarta per hari mencapai 420 ribu orang. Angkanya meningkat dibandingkan tahun 2015 yang sekitar 290 ribu penumpang. “Sejak Oktober 2016, sebulan sudah mencapai 12 juta penumpang,” kata Budi.

Menurut Budi, peningkatan pelanggan Transjakarta tak lepas dari peningkatan layanan yang dilakukan. Salah satunya dengan menambah rute pelayanan bus. Saat ini, Transjakarta sudah melayani 80 rute, baik di dalam koridor maupun feeder.

“Penambahan rute kami juga terintegrasi dengan moda transportasi massal yang memudahkan masyarakat tiba ke lokasi tujuan masing-masing,” kata Budi. Salah satunya menghubungkan antara Transjakarta dan stasiun KRL.

Tahun ini, Transjakarta telah berencana untuk membeli sebanyak 2.000 unit bus. Bus-bus tersebut akan menambah jumlah unit bus Transjakarta yang saat ini berjumlah 1.300 unit bus berbagai tipe. Namun, penambahan bus tersebut akan dilakukan secara bertahap.

NINIS CHAIRUNNISA