Pilkada, Jakarta - Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono mengatakan dirinya tak ambil pusing soal tangannya yang dinilai dingin, menjelang debat pilkada tadi malam. Moderator debat, Ira Koesno, sempat mengatakan hal itu saat bersalaman dengan Agus sebelum debat dimulai.

"Enggak apa-apa dibilang paling dingin, yang penting hati saya dingin dan otak saya sangat cerah tadi malam," kata Agus saat ditemui usai blusukan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu, 14 Januari 2017.

Baca : Debat Pilkada DKI, Ani Yudhoyono : Performa Agus Perlu Disempurnakan

Agus mengatakan dirinya tak mau menilai bahwa Ira Koesno bersikap sedikit tendensius dengan mengeluarkan pernyataan itu. Bisa saja, menurut dia, ucapan tersebut hanya candaan. "Saya tak mau berburuk sangka, mungkin hanya sekedar joke (candaan) saja. Walaupun ya seharusnya kurang tepat juga sih," ujarnya.

Dia menyerahkan seluruhnya penilaian itu kepada publik. Namun, Agus berpendapat dirinya tampil cukup memuaskan semalam. “Itu cukup menunjukan bahwa saya adalah calon gubernur yang serius dan tak takut dalam menghadapi perdebatan di depan publik,” kata dia. 

Agus pun menyanggah komentar bahwa dirinya menghapal bahan perdebatan yang dikeluarkannya semalam. Menurut dia, komentar semacam itu hanya datang dari orang yang tak menyangka penampilannya yang begitu percaya diri. "Saya yakin saya sangat yakin saya unggul dalam debat tersebut dan itu adalah komentar dari orang orang yang merasa kalah dalam argumen," kata anak sulung Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Semalam, Agus tampil bersama wakilnya Sylviana Murni dalam debat pasangan calon gubernur DKI Jakarta lain. Sebelumnya, pasangan calon nomor urut 1 itu sempat absen dalam undangan debat dari sejumlah media. Dalam debat yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta semalam, Agus nampak beberapa kali membawa secarik kertas dalam tangannya. 

EGI ADYATAMA