Dunia, Washington - Panitia pelantikan Presiden Amerika Serikat Donald Trump secara resmi merilis total biaya inagurasi pada 20 Januari 2017. Dalam pengumumannya yang disampaikan pada Jumat, 13 Januari 2017, Komite Pelantikan Presiden (PIC) menyebutkan bahwa biaya yang dikeluarkan sekitar 90 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,2 triliun.

Sara Armstrong, Direktur PIC yang ditetapkan oleh Partai Republik pada 10 pekan lalu, mengatakan bahwa jumlah tersebut sesuai dengan estimasi 30 ribu tamu serta membayar beberapa artis yang tampil dalam inagurasi, termasuk bintang country Toby Keith dan band pop 3 Doors Down selain biaya lainnya.

Amstrong yang mulai bekerja sebagai Ketua PIC dua hari setelah pemilu mengatakan bahwa dana untuk inagurasi tidak hanya menggunakan kas negara, tetapi juga donasi dari beberapa pihak. Sedangkan untuk tema pelantikannya, Amstrong menyebutkan bahwa akan selaras dengan jargon pemilu Trump, yakni "Make America Great Again."

Dalam kesempatan itu, PIC juga memberikan susunan acara inagurasi yang berlangsung selama tiga hari tersebut. Acara inagurasi akan dimulai dengan upacara peletakan karangan bunga pada Kamis sore, 19 Januari di Arlington National Cemetery oleh Trump dan wakilnya, Mike Pence. 

Sebuah konser bertema "Make America Great Again" akan berlangsung dari pukul 4 sampai 6 sore di Lincoln Memorial dengan menampilkan berbagai band dan artis lainnya. Pada hari Jumat, PIC juga mengumumkan bahwa konser akan menampilkan Keith, aktor Jon Voight, penyanyi country Lee Greenwood dan penyanyi Broadway Jennifer Holliday.

Trump dan  Pence akan naik di atas panggung dan mengikuti acara tersebut selama dua jam sebelum ditutup dengan pesta kembang api. Malam harinya, Trump dan Pence akan makan malam bersama yang dirancang oleh New York event planner David Monn.

Keluarga Trump kemudian akan menghabiskan malam perdana di Blair House dan mengikuti ibadah di gereja St. John pada pagi hari 20 Januari. Selanjutnya mereka meminum kopi dengan Obama sebelum menuju ke upacara pelantikan di Gedung Capitol.

Setelah makan siang bersama kongres, Armstrong mengatakan, parade akan dimulai pada sekitar pukul 3.00 dan selambat-lambatnya akan berakhir pada pukul 05.00 sehingga presiden baru dapat mempersiapkan segala sesuatu untuk mengikuti pesta penutupan inagurasi atau Inaguration Ball.

Inaguration Ball akan berlangsung di Walter E. Washington Convention Center dan dihadir sekitar 30.000 tamu dari seluruh negeri. Pada Sabtu pagi, 21 Januari 2017 semua acara itu akan ditutup dengan doa di Katedral Nasional.

WASHINGTON POST | YON DEMA